'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Warung Hidup di Era New Normal
19 Agustus 2020 13:52 WIB | dibaca 151

Kehidupan New Normal yang sedang dijalankan sekarang ini, nampaknya membuat masyarakat sedikit mulai mengabaikan adanya covid-19 yang memberikan dampak luar biasa disamping terus melonjaknya angka kasus positif covid-19. Namun, berbeda dengan warga ‘Aisyiyah yang masih terus produktif melakukan kegiatan kemanusiaan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat terdampak covid-19 sejak awal bulan Maret hingga sekarang ini.

‘Aisyiyah Cabang Kota Bengawan dan Jebres misalnya, merupakan contoh dari beberapa cabang ‘Aisyiyah Kota Surakarta yang masih massif hingga sekarang melakukan program dalam rangka mengurangi rantai penyebaran covid-19, yaitu program “ Warung Hidup “. Program tersebut sudah dilakukan sejak Bulan Maret dan terus berlanjut hingga sekarang. Bibit tanaman didapatkan dari LLHPB Kota Surakarta yang diberikan ke beberapa Cabang ‘Aisyiyah. Penanaman dilakukan di sekitar rumah dengan memanfaatkan lahan kosong dan menggunakan media tanam dari bahan bekas. Tanaman tersebut tumbuh subur dan jarang sekali mengalami kegagalan menanam sebab dilakukan dengan perawatan yang baik salah satunya dengan rutin melakukan penyiraman pada tanaman tersebut.

Setiap bulan warga ‘Aisyiyah tersebut melakukan panen sekurangnya 1-2 kali panen dengan hasil yang memuaskan, terhitung hingga sekarang ini sudah dilakukan panen sebanyak 5 kali dengan tanaman yang berbeda-beda yang terakhir ini dilakukan adalah panen terong. Jadi, tanpa harus pergi ke pasar, keluarga dapat memanfaatkan tanaman hasil panen untuk kebutuhan memasak setiap harinya.

Kegiatan tersebut direspon baik oleh warga ‘Aisyiyah dan juga dijadikan sebagai campaign oleh warga ‘Aisyiyah kepada masyarakat sekitar agar juga melakukan program tersebut dengan didukung pemberian bibit tanaman gratis yang diberikan oleh LLHPB Kota Surakarta kepada setiap masyarakat yang ada di sekitar.

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari