'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
KKN Daring Universitas Muhammadiyah Surakarta di PDA Surakarta
13 Juli 2020 22:06 WIB | dibaca 116
 
 
Kamis, 9 Juli 2020
 
Tim IT KATAVID SURAKARTA—Indonesia masih dilanda bencana kesehatan. Virus Covid-19 masih mengintai masyarakat. Tak mengenal usia dan jabatan, semua bisa menjadi korban. Dampak yang disebabkan oleh virus Covid-19 sudah dirasakan oleh berbagai lapisan masyarakat, termasuk pada sektor Pendidikan. Banyak sekolah dan universitas yang menerapkan pembelajarannya secara online atau daring, termasuk juga Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan secara daring.
 
 
 
Universitas Muhammadiyah Surakarta memberlakukan KKN daring bagi segenap mahasiswanya yang mendapat amanah untuk melakukan KKN pada tahun ini. Salah satunya KKN yang dilakukan beberapa mahasiswa UMS di Pimpinan Daerah Aisyiyah Surakarta. KKN tersebut diselenggarakan oleh KKN Interprofesional Education-Al Islam Kemuhammadiyahan (IPE-AIK) kelompok 33 Fakultas Ilmu Kesehatan UMS. Kelompok KKN ini beranggotakan 6 mahasiswa berbagai program studi di Fakultas Ilmu Kesehatan. Ketua Kelompok Tim KKN ini adalah Choiru Alfis dari Program Studi Keperawatan, dengan anggotanya Lunna Khoirunnisa dari Program Studi Ilmu Gizi, Sabilla Khumairoh dari Program Studi Fisioterapi; serta Aulia Fitriannur Jihan, Farah Adilah, Cynthya Shellanabilla dari Program Studi Kesehatan Masyarakat.
 
KKN tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, 1 Juli 2020 jam 16.00 di Gedung PDA Surakarta membahas mengenai Covid-19. “Kami di sini akan menyampaikan beberapa informasi mengenai Covid-19. Terutama yang berkaitan dengan Anak, serta Kiat Pengasuhan pada Anak Menjelang New Normal” ungkap Alfis selaku ketua dari kelompok 33 KKN IPE-AIK. KKN dilakukan melalui media Group Whatsapp dengan peserta dari Tim Katavid PDA Surakarta, Majelis Kesehatan PDA Surakarta serta perwakilan Majelis Kesehatan PCA se Surakarta.
 
KKN tersebut disajikan dalam bentuk penyuluhan kepada Ibu-Ibu ‘Aisyiyah Surakarta. Diawali dengan pemaparan hasil survey mengenai Covid-19 pada anak dilanjutkan dengan penayangan dan pembagian video edukasi mengenai Covid-19 sebagai bekal untuk disampaikan kepada anak. Terakhir dilanjutkan dengan tanya jawab seputar Covid-19 yang dapat menyerang anak anak. Tim KKN Mahasiswa UMS juga berharap semoga ilmu yang telah disampaikan dapat bermanfaat bagi Ibu-ibu ‘Aisyiyah. Setelah diskusi selesai, acara ditutup dengan ucapan terima kasih dari PDA Surakarta kepada peserta yang hadir serta Tim KKN Mahasiswa UMS yang telah memberikan materi yang bermanfaat. Diharapkan seluruh peserta yang ikut bisa menyebarluaskan informasi ini kepada lingkungan sekitarnya agar tercipta masyarakat dan lingkungan yang tanggap dan waspada terhadap penyebaran Covid19 terutama pada anak-anak.
[Hani Fitria]
Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari