'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
AISYIYAH SURAKARTA RELEASE PROGRAM CANTHELAN
28 Desember 2020 04:59 WIB | dibaca 84

 

(Surakarta, 27 Desember 2020)

Gerakan Ketahanan Pangan Keluarga atau yang disingkat GETAPAK merupakan suatu program kemanusiaan Muhammadiyah yang dikemas sebagai program pengamanan ketahanan pangan bagi masyarakat kelas sosial yang rentan terdampak pandemic Covid-19. Program GETAPAK memiliki tiga program andalan diantaranya ; Urban Farming, UMKM, Cantelan. Setelah launching pencairan dana stimulus untuk program Urban Farming dan UMKM pada tanggal 14 Desember 2020 di Kantor Pos Gladak Surakarta dengan total 288 penerima bantuan yang terbagi menjadi dua bantuan program yaitu urban farming dan UMKM. Untuk bantuan Urban Farming sebesar Rp. 1.500.000 dan UMKM sebesar Rp.2.000.000,- diberikan kepada masyarakat yang ada di Surakarta.

Ahad, 27 Desember 2020 tim GETAPAK Kota Surakarta melaksanakan program Canthelan Sayur-Mayur yang bekerja sama dengan Pimpinan Ranting’Aisyiyah Jebres. Kegiatan ini merupakan suatu bentuk ikhtiar dalam menumbuhkan ketahanan pangan keluarga yang terdampak covid-19. Kegiatan dilaksanakan di 2 titik yaitu di Masjid AnNur dan Masjid Ar-Rahman Purwoprajan, Jebres, Surakarta. Bantuan dana untuk pelaksanaan program Canthelan diberikan kepada Ranting ‘Aisyiyah Jebres sejumlah Rp.3.000.000,- untuk 2 titik tempat, masing masing titik mendapatkan sejumlah Rp.1.500.000,-.

Sebelum kegiatan dilaksanakan, turut hadir Sekretaris Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Jebres Ibu Endang Sudiarti selaku Koordinator Program Canthelan daerah Jebres, Pimpinan Ranting Muhammadiyah Kelurahan Jebres, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kecamatan Jebres Bapak Bambang Condro, Ketua RT dan RW daerah Jebres untuk memberikan sambutan dalam momentum yang baik tersebut kemudian dilanjutkan dengan memberikan 1 kantong sayur-mayur kepada masyarakat dengan total 175 kantong untuk 2 titik lokasi dengan menerapkan protocol kesehatan dan tidak berkerumun.

“ Program canthelan merupakan program yang sangat inspiratif dapat menginspirasi kepada masyarakat untuk berbagi dengan sesama dan apresiasi penuh kepada Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah yang selalu bersinergi dari tingkat Pusat hingga Ranting untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19 “ Ucap Bambang Condro selaku Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kecamatan Jebres.
 

“ Terimakasih kepada Tim Getapak yang sudah memberikan bantuan sayur-mayur kepada masyarakat daerah Jebres, sangat bermanfaat bagi kami bantuan tersebut “ Ucapan terimakasih dari Ibu Siti selaku penerima canthelan sayur.

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari